Legenda Dortmund: Indonesia dan Jerman Punya Masalah Serupa

Legenda Dortmund: Indonesia dan Jerman Punya Masalah Serupa

Agen Sbobet

Sepak bola usia muda di Indonesia ternyata memiliki masalah yang sama dengan di Jerman. Hal itu diakui salah satu legenda sepak bola Jerman yang turut mengantar Die Nationalmannscaft menjadi juara dunia di tahun 1990, Karl-Heinz Riedle.

Banyaknya talenta muda berbakat di level junior tidak menjamin kesuksesan di level senior. Problem tersebut menghinggapi pembinaan sepak bola di berbagai negara.

Riedle menilai pemain muda memang kerap menghadapi masalah konsistensi sehingga memengaruhi performa dan bisa berdampak buruk ketika berlaga di level senior.

“Kami punya problem yang sama di Jerman dan juga di negara lainnya, banyak pemain muda yang punya talenta hebat. Tapi ketika di usia senior, semuanya berbeda. Hanya sedikit yang bisa ke puncak karier sepak bola,” ujar pemain yang pernah berlaga di Liga Primer Inggris bersama Liverpool dan Fulham.

“Jadi itulah masalah yang perlu diatasi. Dan usia muda kisaran 16 tahunan itu sangat penting untuk perkembangan karier di masa mendatang. Anda perlu bekerja keras untuk menjadi pilihan utama,” katanya menambahkan.

Riedle datang ke Indonesia untuk mempromosikan salah satu klub yang pernah ia perkuat, Borussia Dortmund. Mantan pemain yang pernah membawa Dortmund menjadi juara di Liga Champions 1997 itu menjadi duta Dortmund untuk meningkatkan popularitas klub tersebut di Asia Tenggara.

Dortmund saat ini berada di peringkat pertama dalam klasemen Bundesliga dengan perolehan 19 poin. Unggul lima poin dari Bayern Munchen di peringkat kedua.

Riedle mengakui saat ini Muenchen masih merupakan tim yang mendominasi sepak bola Jerman, namun ia optimistis Die Borussen bisa mengalahkan Dortmund.

“[Bayern] Munchen dominan, mereka sangat kuat dalam beberapa tahun terakhir. Bayern akan selalu menjadi super power. Namun kondisi banyak berbeda dalam beberapa tahun ini, saat ini kami yang sedang memimpin,” ucap laki-laki berusia 52 tahun tersebut.

“Hoffenheim juga sedang bagus. [RB] Leizig juga,” ucapnya melanjutkan.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply