Piala AFF 2018: Media Singapura Sindir Timnas Indonesia dengan Sebutan ‘Tukang Contek’

Piala AFF 2018: Media Singapura Sindir Timnas Indonesia dengan Sebutan ‘Tukang Contek’

Agen Sbobet

Semarak gelaran Piala AFF 2018 sedang menyelimuti Timnas Sepak Bola Indonesia. Singapura jadi calon lawan pertama yang harus dihadapi.

Gelaran Piala AFF 2018 telah resmi dimulai sejak Kamis (08/11/18) kemarin. Timnas Indonesia sendiri yang tergabung dalam Grup B, baru akan memainkan pertandingan perdananya sore nanti menghadapi Singapura.

Jelang laga Singapura vs Indonesia tersebut, ada satu pemberitaan menarik yang dihadirkan oleh media Singapura. Mereka mencoba membedah tentang kekuatan Timnas Indonesia dengan sudut pandang berbeda.

Ya, media Singapura, The New Paper, menyebut Timnas Indonesia sebagai ‘tukang contek’. Hal itu berkenaan dengan susunan skuat Timnas Indonesia dalam gelaran Piala AFF 2018 kali ini.

Timnas Indonesia beberapa waktu lalu telah resmi mengumumkan 23 pemain yang dibawa ke ajang Piala AFF 2018. Dua nama di antaranya, diketahui merupakan pemain sepak bola jebolan hasil program naturalisasi.

Ya, kedua pemain yang dimaksudkan adalah Alberto Beto Goncalves dan Stefano Lilipaly. Sosok keduanya memang jadi andalan Timnas Indonesia sejak gelaran Asian Games 2018 lalu.

Fakta ini ternyata turut menyedot perhatian media Singapura, The New Paper. Dalam artikelnya yang berjudul Region’s Foreign Legion, mereka menyoroti penggunaan pemain naturalisasi dari Timnas Indonesia.

Namun, sorotan The New Paper nampak menggunakan sudut pandang yang cukup berbeda. Penggunaan pemain naturalisasi yang dilakukan Timnas Indonesia, disebut telah mencontek gaya sepak bola Singapura.

Dahulu, sepak bola Singapura memang terkenal dengan program naturalisasi pemain. Bahkan, kala mengalahkan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2004 (dulu namanya masih Piala Tiger), skuat Singapura didominasi oleh pemain-pemain naturalisasi.

“Banyak negara tetangga yang menganggap kesuksesan Singapura di sepanjang sejarah Piala AFF karena pemain naturalisasi. Tapi saat ini rival Singapura di Grup B, Thailand, Indonesia, dan Filipina ikutan menggunakan program pemain naturalisasi,” begitu bunyi pemberitaan media Singapura, The New Paper.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply